6 Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah klise yang sering dialami oleh banyak orang yang sering menggunakan HP adalah panas, peningkatan suhu pada handphone merupakan hal lumrah yang cukup sering dialami oleh berbagai merek tidak hanya dialami oleh satu atau dua jenis merek saja. HP panas bisa sangat mengganggu produktivitas karena biasanya akan membuat performa dan kenyamanan ketika mengoperasikan HP menjadi terganggu, kinerja aplikasi akan menjadi berat, sehingga menjadi lebih lemot.

Banyak hal yang menjadi faktor dan penyebab HP panas, bisa karena cara penggunaan HP yang terlalu multitasking, pengoperasian aplikasi yang terlalu banyak, aplikasi yang memiliki grafik dan fitur yang terlalu tinggi juga dapat mengakibatkan HP menjadi panas. Nah agar sahabat bisa mengetahui apa-apa saja penyebab HP panas dan bagaimana cara mengatasi HP yang terlanjur panas yuk kita bahas 10 penyebab umum HP menjadi overhit dan bagaimana cara menanganinya secara cepat.

6 Penyebab HP Panas

Bermain Game Terlalu Lama

Bermain Game Terlalu Lama

Tahukah sahabat, bahwa tidak semua HP dengan harga mahal mampu mengoperasikan atau menjalankan aplikasi game dengan tampilan tinggi dalam waktu yang lama. Beberapa HP memiliki spesifikasi khusus untuk sebagian hal saja, entah itu kelebihan dalam kamera, ketahanan baterai yang awet, tampilan layar yang bagus dan lain sebagainya. Beberapa produsen HP ternama juga kadang memproduksi spesifikasi khusus untuk HP spesial game.

Ketika bermain game terlalu lama akan membuat kinerja prosesor menjadi lebih berat hal tersebut berakibat pada penggunaan daya baterai yang lebih tinggi, hal itulah yang menyebabkan HP menjadi panas, cara mengatasi permasalahan HP panas saat main game adalah dengan sesekali menyudahi permainan setelah dua atau tiga kali permainan, setting in game juga perlu diperhatikan, biasanya terdapat kualitas grafik tampilan game, jangan menggunakan tampilan yang terlalu HD karena dapat mengakibatkan HP cepat panas.

Terpapar Sinar Matahari Langsung

Terpapar Sinar Matahari

Selain faktor dari dalam, faktor dari luar seperti sengatan sinar matahari secara langsung pada HP juga dapat menjadi penyebab HP panas. Apabila paparan sinar matahari yang mengenai HP tidak terlalu lama, maka tidak akan ada pengaruh yang cukup berarti akan tetapi apabila paparan sinar matahari yang mengenai HP terkena dalam jangka waktu yang lama, hal tersebut tentu akan membuat HP menjadi panas meskipun tidak sedang dioperasikan.

Apabila HP panas terkena paparan sinar matahari cara atau solusi untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menghindari paparan sinar matahari langsung dan masuk ke dalam ruangan yang tidak terkena sinar matahari langsung dan mencari tempat dengan suhu yang lebih dingin minimal suhu ruangan. Lankah selanjutnya agar suhu HP semakin cepat dingin adalah dengan melepas casing HP dan menempelkan HP ke lantai keramik, lantai keramik yang dingin akan menyerap hawa panas dan mendinginkan HP dengan lebih cepat.

Terlalu Multitasking

Terlalu Multitasking

Menjalankan banyak aplikasi sekaligus merupakan salah satu fitur unggulan beberapa HP tahun-tahun ini, akan tetapi bukan berarti HP bisa menjalankan terlalu banyak aplikasi berat dalam satu waktu. Meski memiliki klaim bisa menjalankan multitasking biasanya HP tetap akan memiliki batasan berapa aplikasi yang dapat diaplikasikan dalam satu waktu, durasi multitasking biasanya juga tidak berjalan begitu lama. Tingginya intensitas atau kinerja pada perangkat HP yang berlangsung cukup lama akan membuat penurunan daya baterai terkuras dengan cepat.

Untuk mengatasi peningkatan suhu HP karena multitasking, sahabat bisa mulai menonaktifkan beberapa fitur aplikasi yang sedang berjalan satu persatu agar prosesor HP bisa berkurang kinerjanya. Aplikasi yang tidak tertutup dan masih berjalan di latar belakang akan membuat RAM HP masih beroperasi untuk membaca file-filenya. Jika HP yang kamu gunakan adalah android maka bisa langsung menuju ke “kelola aplikasi” di pengaturan kemudian nonaktifkan beberapa aplikasi yang sudah tidak digunakan setelah itu lanjut ke penggunaan data dan matikan penggunaan data latar belakang.

Baterai Rusak

Baterai Rusak

Penurunan daya pada baterai dapat menjadi salah satu indikator yang menyebabkan HP menjadi cepat panas, di dunia elektronik masalah pada HP disebut baterai bocor. Saat baterai HP bocor, baterai akan sangat cepat terkuras habis meskipun sebelumnya masih 100% seketika HP juga bisa mati. Apabila tidak ditangani dengan serius masalah baterai bocor ini bisa berdampak serius, salah satu gejala untuk penyakit pada baterai HP ini biasanya akan terlihat, karena baterai menjadi mengelembung. Pada beberapa kasus bahkan terjadi ledakan karena baterai.

Untuk sahabat yang mengalami masalah pada baterai HP maka segera lakukan konsultasi ke konter atau tempat service HP terdekat. Apakah baterai harus diganti atau akan ada perlakuan spesial agar baterai bisa kembali normal.

Tidak Cocok dengan Charger

Charger Tidak Cocok

Setiap merek dagang HP memiliki spesifikasinya masing-masing, tidak terkecuali untuk masalah charger. Setiap HP memiliki aturan mengenai berapa besar voltase atau tegangan listrik yang bisa masuk untuk charger. Voltase yang terlalu besar atau terlalu kecil akan berimbas ke HP. Biasanya akan ditandai dengan hang, freeze atau lag merupakan indikasi awal bahwa charger tidak cocok dengan HP, meskipun daya tetap masuk hal tersebut dapat membuat HP menjadi lebih cepat rusak. Apabila diteruskan mengisi daya menggunakan charger yang tidak tepat maka HP akan menjadi panas.

Untuk mengatasi permasalahan HP panas ketika charger perhatikan penggunaan charger yang sesuai dan selalu gunakan jenis charger orisinal atau yang memiliki spesifikasi standar seperti orisinal. Meskipun harga charger orisinal lebih mahal, hal tersebut memiliki dampak destruktif yang lebih sedikit dari pada charger HP murah yang kamu temui di pasaran.

Kapasitas Memori Penuh

Memori Penuh

Kapasitas penyimpanan HP yang penuh merupakan beberapa masalah yang sering dialami oleh pengguna HP yang usianya lebih dari 3 tahun ke atas atau mereka yang sering menyimpan file-file besar seperti foto atau video dengan ukuran besar juga akan menyebabkan penyimpanan menjadi penuh. File-file sampah seperti cache dan cookie ketika berselancar di internet bisa menjadi salah satu penyebab kinerja HP yang lemot. File sampah yang menumpuk banyak dan tidak pernah dibersihkan bisa menjadi penyebab peningkatan kapasitas memori yang terlalu banyak, hal tersebut sedikit banyak akan menyebabkan penurunan performa HP apabila terus dibiarkan hal tersebut akan menyebabkan perangkat HP rentan terjadi overheat.

Untuk membersihkan kapasitas memori penuh karena cache, cookie ataupun file-file sampah yang sudah tidak terpakai dapat menghapusnya secara manual di file manager ataupun menghapusnya menggunakan aplikasi cleaner. Bersihkan file-file sampah ini secara berkala agar performa HP terus terjaga.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Adira Finance, Dari Pengajuan Hingga Pencairan

Kredit Elektronik Adira Finance

Itulah pembahan mengenai 6 penyebab HP cepat panas dan bagaimana solusi untuk mengatasinya. Nah untuk sahabat yang mengalami beberapa masalah seperti yang sudah kita bahas bisa gunakan cara-cara tersebut sebagai pertolongan pertama agar HP tidak sampai mati atau restart sendiri. Apabila beberapa cara ditas sudah dilakukan dan tetap tidak ada perubahan, coba cek kembali kondisi kelayakan HP apakah masih mumpuni atau memang sudah saatnya mencari yang baru. Jika kamu bingung tidak ada salahnya untuk konsultasi ke tukang service ataupun ahli HP terdekat.

Ingin beli HP baru tapi masih banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, padahal HP hari ini adalah kebutuhan wajib yang harus tersedia karena selain menjadi alat komunikasi HP juga menjadi penunjang produktivitas dan pekerjaan. Dari pada beli HP second yang kualitasnya tidak jelas dan tidak kita ketahui kondisinya lebih baik sahabat membeli HP baru dengan spesifikasi terbaru dan terbaik. Tidak usah khawatir masalah harga, sahabat bisa ajukan pembiayaan Kredit Elektronik melalui Adira Finanace.

Kredit Elektronik dari Adira Finance dapat digunakan untuk pembiayaan pembelian produk-produk elektronik seperti HP, TV, Komputer, Laptop, Mesin cuci, aksesoris elektronik dan berbagai perangkat elektronik lainnya. Jadi sahabat bisa memiliki barang-barang elektronik impian dengan kemudahan sistem pembayaran cicilan. Tidak perlu khawatir Adira Finance sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga transaksi sahabat dijamin aman, cepat dan mudah.

error: Content is protected !!
Scroll to Top