Butuh Uang Segera? 5 Solusi Keuangan yang Bisa Dipertimbangkan

Masalah ekonomi merupakan permasalahan paling mendasar yang sering dihadapi oleh manusia. Banyak momentum dalam hidup, di mana kita sering dihadapkan dengan situasi-situasi mendesak perihal keuangan. Mulai dari kebutuhan mendadak seperti biaya kesehatan karena mendadak terkena penyakit atau kecelakaan, biaya pendidikan yang tidak pernah turun, hingga keperluan sehari-hari yang tak terduga dan harga-harga yang selalu naik, semua bisa menambah beban pikiran dan mempengaruhi kualitas hidup kita.

Dalam menghadapi situasi keuangan yang mendesak, penting untuk memiliki strategi dan solusi yang tepat agar masalah tersebut dapat diatasi dengan baik. Tidak sedikit orang yang merasa bingung dan stres ketika dihadapkan pada situasi di mana mereka butuh uang cepat. Untuk membantu Anda yang mungkin sedang mengalami kondisi ini, berikut adalah lima solusi keuangan yang bisa Anda pertimbangkan untuk mengatasi kebutuhan uang mendesak dengan bijak. Yuk simak hingga akhir.

Solusi Keuangan di Saat Butuh Uang Mendesak

1. Mencari Kerja Sampingan

Butuh Uang: Usaha

Ketika Anda butuh uang mendesak, mencari kerja sampingan bisa menjadi solusi yang efektif. Kerja sampingan memberikan tambahan penghasilan tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama Anda. Banyak opsi yang bisa dipertimbangkan, seperti menjadi driver ojek online, freelancer di bidang yang Anda kuasai, atau bahkan membuka usaha kecil-kecilan dari rumah.

Kerja sampingan juga memberikan keleluasaan waktu, sehingga Anda tetap bisa menyesuaikannya dengan jadwal atau pekerjaan utama Anda. Misalnya, Anda bisa bekerja pada malam hari atau akhir pekan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda, maka kerjakanlah disela-sela waktu tersebut. Selain itu, kerja sampingan juga dapat memberikan pengalaman baru dan memperluas jaringan profesional Anda sehingga kemampuan Anda jadi lebih banyak dikenal.

Yang terpenting di saat mencari kerja sampingan adalah memilih kerja sampingan yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda agar tidak menambah beban yang dapat mengakibatkan stress. Pastikan juga untuk mengelola waktu dengan baik agar tidak mengorbankan kesehatan dan waktu istirahat Anda. Melalui kerja sampingan, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan yang signifikan untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda. Bisa jadi kerja sampingan Anda saat ini di suatu saat akan menjadi pekerjaan utama Anda.

2. Menjual Barang yang Bernilai Tinggi

Jual Barang Berharga

Jika Anda memiliki barang bernilai tinggi yang jarang digunakan, menjualnya bisa menjadi solusi cepat untuk mendapatkan uang di kala mendesak. Barang-barang seperti perhiasan, gadget, atau kendaraan yang tidak terpakai dapat menghasilkan uang dalam jumlah besar dengan cepat. Proses penjualan barang bekas pun relatif mudah jika Anda menggunakan platform jual beli online atau menawarkan ke orang-orang terdekat yang sedang membutuhkan.

Menjual barang bernilai tinggi juga bisa menjadi langkah bijak untuk mengurangi beban keuangan Anda. Barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan bisa menjadi sumber uang tambahan yang cukup lumayan. Misalnya, menjual perhiasan lama atau gadget yang sudah tidak terpakai akan menjadi tambahan dana darurat yang cukup lumayan untuk menutupi kebutuhan mendesak.

Meski sedang dalam kondisi butuh uang, jangan sampai menjual barang dengan harga yang di bawah rata-rata, carilah pembeli yang terpercaya. Lakukan riset pasar terlebih dahulu untuk mengetahui harga pasaran barang yang akan Anda jual. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan harga terbaik dan uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda tanpa merasa dirugikan.

3. Gadaikan Barang Berharga

Butuh Uang: Gadai Barang

Menggadaikan barang berharga seperti emas, kendaraan, atau barang elektronik juga bisa menjadi solusi instan saat Anda butuh uang mendesak. Proses gadai relatif cepat dan mudah, serta tidak memerlukan persyaratan yang rumit. Anda bisa mendapatkan uang tunai dalam waktu yang relatih singkat dengan cara mengadaikan barang berharga yang Anda miliki.

Kelebihan dari menggadaikan barang berharga adalah Anda tetap memiliki peluang untuk menebus barang tersebut di kemudian hari. Jadi, jika kondisi keuangan Anda sudah membaik, Anda bisa mengambil kembali barang yang digadaikan. Selain itu, bunga gadai biasanya juga tidak terlalu tinggi.

Perhatikan di mana tempat gadai yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Pastikan Anda memahami syarat dan ketentuan yang berlaku ketika mengadai barang, setiap lembaga memiliki ketentuannya masing-masing. Paling penting adalah perhatikan bunga dan jangka waktu gadai. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat tanpa harus kehilangan barang berharga Anda secara permanen.

4. Berhutang ke Keluarga atau Kerabat

Hutang ke Kerabat/Keluarga

Saat dalam kondisi butuh uang mendesak, berhutang ke keluarga atau kerabat bisa menjadi solusi yang baik dan minim risiko. Keluarga dan kerabat biasanya lebih fleksibel dalam hal pembayaran dan bunga, sehingga Anda tidak terlalu terbebani. Mereka juga lebih memahami situasi Anda dan mungkin lebih bersedia membantu tanpa banyak syarat.

Berhutang ke keluarga atau kerabat juga bisa menghindarkan Anda dari persoalan keuangan yang rumit. Prosesnya pun lebih cepat dan sederhana karena tidak memerlukan banyak dokumen atau persyaratan seperti meminjam uang di Bank. Anda hanya perlu menjelaskan situasi Anda dan mengatur kesepakatan mengenai pengembalian uang tersebut.

Namun, pastikan untuk selalu menjaga kepercayaan dan hubungan baik dengan keluarga atau kerabat Anda. Buat kesepakatan yang jelas mengenai jumlah pinjaman, jangka waktu pengembalian, dan cara pembayarannya. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan bantuan keuangan dengan cepat tanpa merusak hubungan kerabat atau keluarga hanya karena perkara uang.

5. Mengajukan Pinjaman ke Bank

Butuh Uang: Adira Finance

Untuk  solusi terakhir ketika butuh uang adalah dengan cara mengajukan pinjaman ke bank, terutama untuk Anda yang sedang mencari uang tambahan dalam nominal besar, yang tidak akan cukup hanya dengan menerapkan 5 solusi di atas. Bank menawarkan berbagai produk pinjaman dengan bunga dan tenor yang sangat beragam, Anda bisa memilih dan memiliah sendiri yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda bisa mengajukan pinjaman ke Adira Finance yang menawarkan berbagai pilihan pinjaman dengan proses yang sudah pasti cepat dan mudah.

Keuntungan mengajukan pinjaman ke bank adalah jumlah dana yang bisa diperoleh biasanya lebih besar dibandingkan dengan solusi-solusi yang sudah kita sebutkan sebelumnya. Bank juga memiliki sistem yang jelas dan transparan mengenai bunga, tenor, dan persyaratan pinjaman. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat kredit yang baik, peluang untuk mendapatkan pinjaman dengan nominal besar dan bunga yang rendah semakin besar.

Untuk pengajuan pinjaman ke bank biasanya memerlukan waktu dan persyaratan yang cukup banyak. Anda harus menyiapkan dokumen-dokumen pendukung seperti BPKB slip gaji, laporan keuangan, dan berkas-berkas lain yang disyaratkan oleh masing-masing bank. Oleh karena itu, pastikan Anda memenuhi semua persyaratan dan memahami ketentuan pinjaman sebelum mengajukannya. Sehingga proses pencairan dana bisa terjadi lebih cepat sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Adira Finance, Dari Pengajuan Hingga Pencairan

Kredit Multiguna Adira Finance

Salah satu program unggulan yang dimiliki Adira Finance adalah program Kredit Multiguna, yaitu layanan pinjaman dana  yang memudahkan sahabat Adira untuk memperoleh dana pinjaman untuk keperluan apapun, liburan, trevel/wisata, biaya pendidikan, piaya skincare, biaya kesehatan dan lain sebagainya.

Jaminan yang harus Anda persiapkan untuk pengajuan Kredit Multiguna adalah Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) baik sepeda motor ataupun mobil. Syarat yang mudah dan proses pencairan yang cepat merupakan kelebihan dari program ini. Tidak usah khawatir tertipu, Adira Finance sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jadi sudah pasti aman dan terpercaya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top