Cara Pinjam Uang di Adira Finance, Dari Pengajuan Hingga Pencairan

Semua orang pasti butuh uang! Kebutuhan terhadap masalah keuangan tidak hanya dialami oleh mereka yang sedang dalam kondisi kekurangan saja, bagi orang-orang yang sedang menginginkan sesuatu entah untuk keperluan memajukan usaha, ingin mencapai cita-cita, ingin membeli barang-barang yang diinginkan, berobat dan lain sebagainya. Kebutuhan keuangan yang seringkali datang secara tiba-tiba dan mendesak kadang diluar kemampuan kita untuk mengatasinya. Mengandalkan keluarga, sahabat dan sanak saudara bisa menjadi opsi untuk meminjam dana, akan tetapi selalu ada beban moral yang menghinggapi ketika harus meminjam uang ke orang-orang tersebut.

Pada situasi yang serba genting dan harus cepat seperti itu, mengajukan pendanaan pada pinjaman dana tunai bisa menjadi solusi paling praktis untuk memperoleh dana secara cepat. Akan tetapi meminjam dana melalui lembaga tentu sangat berbeda prosesnya apabila dibandingkan dengan meminjam ke teman, sahabat, keluarga, dan sanak saudara. Pasti terdapat langkah-langkah prosedural yang harus diikuti agar pengajuan pinjaman dapat disetujui dan segera diproses. Untuk Anda yang sedang berencana mengajukan pinjaman dan belum tahu bagaimana prosedur dan persyaratan pengajuannya yuk simak artikel ini hingga akhir karena kita akan kupas secara tuntas cara pinjam uang di Adira Finance dari mulai pengajuan hingga pencairan.

Cara Pinjam Uang di Adira Finance

Pelajari dan Tentukan Jenis Pinjaman

Cara Pinjam

Sebelum meminjam uang di Adira Finance, ada baiknya ketahui apa motif Anda dalam mengajukan pinjaman uang di Adira. Apakah untuk keperluan pribadi seperti memenuhi kebutuhan konsumtif sehari-hari seperti belanja, bulanan, uang saku anak, biaya transportasi dan lain sebagainya. Apakah untuk keperluan pinjaman KPR (Kredit Pemilikan Rumah) ataupun membeli properti, keperluan permodalan usaha entah memperluas usaha ataupun membuka bisnis baru hingga pinjaman untuk membeli kendaraan. Dengan mengetahui keperluan meminjam uang Anda dapat mengira-ngira berapa biaya yang harus Anda ajukan dan seberapa besar kemampuan Anda untuk membayar dana tersebut tiap bulan.

Persiapkan Dokumen yang Diperlukan

Adira Finance

Bank seperti Adira Finance merupakan sebuah lembaga keuangan yang tidak mengenali siapa Anda, dari mana Anda berasal, seperti apa latar belakang Anda, apa kebutuhan Anda dan lainnya. Untuk itu mengapa bank atau lembaga keuangan memerlukan dokumen-dokumen pribadi yang Anda miliki yang nantinya difungsikan sebagai persyaratan pengajuan pinjaman uang. Berkas-berkas dokumen yang biasanya diminta antara lain:

  • Identitas diri: KTP, SIM, atau paspor.
  • Kartu keluarga (KK): Untuk menunjukkan status keluarga.
  • NPWP: Untuk pinjaman dalam jumlah besar.
  • Bukti penghasilan: Slip gaji atau laporan keuangan untuk wiraswasta.
  • Rekening koran: Biasanya 3-6 bulan terakhir.
  • Agunan: Sertifikat rumah, BPKB kendaraan, atau aset lainnya (biasanya disesuaikan dengan besaran pinjaman uang yang diajukan).

Tentukan Jenis Pinjaman

Pinjam Uang di Adira Finance

Terdapat beragam jenis pinjaman dana tunai yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan, seperti pinjaman tanpa jaminan (personal loan) pinjaman dengan jaminan (secured loan). Penting untuk memilih jenis pinjaman yang paling cocok dengan situasi dan kebutuhan finansial Anda. Apabila Anda memiliki aset berharga yang dapat digunakan sebagai jaminan, secured loan mungkin menjadi pilihan yang lebih menguntungkan karena biasanya menawarkan suku bunga yang lebih rendah dan diperbolehkan untuk mengajukan pinjaman dengan nominal yang lebih besar dibandingkan dengan personal loan. Pada fase ini jangan tergiur dengan nominal dana yang bisa dicairkan, pastikan Anda mengajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan Anda.

Lengkapi Formulir Pengajuan

Setelah Anda memilih dengan tepat jenis pinjaman apa yang paling sesuai dengan profil risiko yang Anda miliki langkah selanjutnya adalah langsung mendatangi kantor Adira Finance terdekat di daerah Anda. Setelah sampai ambil nomor antrean dan datang ke bilik teller. Dari sana Anda akan diarahkan untuk melengkapi formulir pengajuan uang. Isi formulir yang diberikan dengan informasi yang lengkap dan benar, perhatikan bagaimana pengejaan nama Anda pastikan Anda mengisi formulir sesuai dengan informasi yang tertera pada dokumen sah yang Anda miliki. Salin mengisi formulir pada sesi ini pulalah Anda akan dimintai untuk melengkapi semua dokumen yang disyaratkan.

Tunggu Proses Verifikasi

Setelah menentukan besaran pinjaman, jenis pinjaman, melengkapi informasi pribadi, mengisi formulir pengajuan pendanaan, proses selanjutnya adalah menunggu proses verifikasi. Pihak Adira memerlukan waktu untuk menilai dan screening kelengkapan berkas, penilaian kredit hingga menilai apakah peminjam memiliki profil yang cukup mumpuni untuk bisa membayar pinjaman yang sudah diberikan. Nah apabila tidak ada kendala pada prosesi ini Anda akan diberikan informasi lebih lanjut berupa pemberitahuan bahwa pengajuan pinjaman telah disetujui.

Persetujuan dan Pencairan Dana

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya, apabila proses pengajuan tidak ada kendala dan semuanya dinilai baik, maka Anda sebagai pihak pengaju dana akan memperoleh konfirmasi bahwa pengajuan disetujui. Satu hal yang tidak kalah penting adalah baca dengan cermat dan pahami persyaratan dan ketentuan yang diberikan sebelum menandatangani perjanjian pinjaman. Beberapa poin yang harus diperhatikan seperti: suku bunga yang disepakati, waktu pembayaran, konsekuensi apabila terjadi keterlambatan pembayaran ataupun gagal bayar dan juga biaya-biaya tambahan yang mungkin saja dibebankan. Jika semua persyaratan sudah Anda sepakati, dana pinjaman akan segera dicairkan ke rekening pribadi Anda.

Pelunasan Pinjaman

Dana pinjaman adalah senilai uang yang dipinjamkan untuk peminjam dan wajib dikembalikan berdasarkan tenggang waktu dan kesepakatan-kesepakatan lain yang disetujui bersama. Untuk itu gunakan dana pinjaman sebijaksana mungkin seperti untuk membangun usaha produktif, membayar kewajiban yang sifatnya sangat mendesak dan lain sebagainya. Hindari menggunakan dana pinjaman untuk keperluan yang kurang esensial. Ingat bahwa setelah ini Anda masih berkewajiban untuk mengembalikan dana sesuai dengan tenggang waktu yang sudah disepakati, apabila terjadi keterlambatan pembayaran hal tersebut tentunya akan merugikan Anda sebagai debitur karena biasanya akan ada biaya tambahan yang wajib Anda bayar dan juga akan membuat catatan kredit Anda menjadi kurang baik.

Fasilitas Pembayaran

Seiring dengan semakin majunya teknologi dan informasi, hal tersebut juga sangat menunjang kebutuhan perbankan. Jika dahulu peminjam dana harus menyetorkan angsurannya langsung ke kantor bank, hari ini sudah semakin canggih. Anda bisa membayar tanggungan keuangan melalui skema online. Dengan adanya fitur bayar secara online akan sangat mempermudah Anda terhindar dari keterlambatan pembayaran, karena Anda bisa bayar sambil rebahan di rumah.

Baca juga: Butuh Uang Cepat Jaminkan BPKB

Pinjaman Multiguna Gadai BPKB dengan Bunga Rendah

Nah itulah cara pinjam uang di Adira Finance, dari pengajuan hingga pencairan. Untuk informasi yang lebih lengkap dan terperinci Anda bisa menghubungi call center kami melalui Tanya Adira Finance. Salah satu produk pinjaman unggulan yang kami tawarkan adalah program Pinjaman Multiguna gadai BPKB dengan bunga rendah. BPKB yang dapat digadaikan bervariasi, bisa motor ataupun mobil. Proses pencairan yang cepat dan tidak memerlukan banyak persyaratan adalah salah satu keunggulan program Pinjaman Multiguna Adira Finance.

Tidak usah khawatir lembaga kami sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi Anda bisa mengajukan pendanaan secara aman dan nyaman melalui Adira Finance.

error: Content is protected !!
Scroll to Top