Inspirasi Daftar Seserahan Lamaran untuk Pernikahan Impian

Sudah menjalin hubungan cukup lama dengan sang kekasih? Dan ditahap ini sahabat sedang berencana untuk menuju ke jenjang yang lebih serius ke pernikahan? Menikah merupakan salah satu ibadah terpanjang yang akan dihadapi manusia, karena dengan menikah seseorang akan menyempurnakan setengah perjalanan agama dan kehidupannya. Di kehidupan pernikahan juga tidak luput dengan masalah dan cobaan bagi pasangan yang tetap sabar dan mampu menjalani setiap cobaan yang diberi Tuhan maka hal tersebut juga akan menjadi perjalanan ibadah yang selalu dinilai menjadi kebaikan di hadapan Tuhan.

Sepasang kekasih baru dikatakan sah apabila mereka sudah melaksanakan akad nikah, akan tetapi menuju ke prosesi tersebut juga tidak bisa langsung. Terdapat beberapa tradisi dan budaya yang harus diikuti agar pernikahan impian dapat berjalan dengan khidmat dan sesuai dengan yang diharapkan. Sebelum tanggal akad ditentukan ada satu tradisi yang bernama lamaran atau enggagement dalam bahasa Inggris, yaitu sebuah proses pernyataan komitmen untuk melanjutkan sebuah hubungan menuju ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan.

Pada momen tunangan kedua keluarga akan bertemu dan saling berkenalan, pada momen ini pula akan ada seserahan, yaitu sebuah hadiah simbolis berupa kesanggupan dari calon laki-laki bahwa ia sanggup mencukupi kebutuhan hidup calon istrinya nanti. Hadiah yang dibawa dalam seserahan juga tidak bisa asal, karena setiap barang yang dibawa mewakili makna dan doa akan suatu hal. Barang seserahan bisa didiskusikan antara pihak laki-laki dan perempuan, hal ini bertujuan agar seserahan yang diberikan benar-benar merupakan barang bermanfaat yang akan terpakai dikemudian hari. Nah, untuk sahabat yang masih bingung apa saja barang-barang seserahan untuk proses lamaran, pada kesempatan kali ini kita akan membahas inspirasi daftar seserahan lamaran yang mungkin bisa kamu jadikan referensi untuk memilih barang.

Perbedaan Seserahan dan Hantaran

Sebelum masuk ke pembahan mengenai daftar seserahan lamaran, mari kita sedikit membahas mengenai perbedaan antara seserahan dan hantaran yang seringkali dianggap sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Seserahan dan hantaran adalah dua tradisi penting dalam pernikahan adat di Indonesia yang memiliki perbedaan utama pada waktu pemberian dan tujuan. Seserahan diberikan saat lamaran atau sesaat sebelum akad nikah, bertujuan untuk menunjukkan tanggung jawab calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, bahwa mereka sanggup memenuhi segala kebutuhan hidup calon instrinya. Isinya mencakup barang-barang pribadi seperti peralatan sholat, pakaian, kosmetik, perhiasan, sepatu, tas, serta makanan atau kue tradisional.

Sebaliknya, hantaran diberikan pada hari pernikahan, baik saat akad nikah maupun resepsi, sebagai simbol saling memberi dan mempererat hubungan antara kedua keluarga. Hantaran biasanya terdiri dari makanan tradisional, barang-barang simbolis seperti beras atau gula, uang mahar, serta pakaian adat, apabila daerahnya masih menjunjung tinggi simbol budaya adat.

Daftar Seserahan Lamaran

Berikut ini merupakan beberapa daftar barang-barang seserahan lamaran yang bisa kamu jadikan inspirasi menentukan barang-barang apa saja yang harus diberikan.

Alat Ibadah

alat ibadah seserahan lamaran

Memberi perangkat alat ibadah biasanya diberikan oleh calon pengantin yang beragam Islam. Makna dari memberi seserahan alat ibadah adalah sebagai pengingat bagi calon mempelai untuk selalu menyertakan Tuhan di kehidupan dengan senantiasa taat menjalankan ibadah dan menjauhi hal-hal yang dilarang oleh Tuhan. Isi seserahan untuk alat ibadah ini bisa beragam mulai dari Al-Quran, sajadah, tasbih digital ataupun konvensional dengan bahan premium, mukena dan lain sebagainya.

Skincare

skincare wanita

Daftar seserahan lamaran lain yang tidak boleh terlupakan selanjutnya adalah skincare. Siapa sih perempuan hari ini yang gak pakai skincare? bedak bayi pun juga bisa disebut skincare! Produk-produk kecantikan hari ini adalah barang wajib yang harus dipenuhi untuk kaum wanita. Skincare akan membuat istri Anda tetap awet cantik meskipun setiap tahun selalu bertambah usia. Istri yang cantik akan menjauhkan angan-angan mencari istri baru ataupun selingkuh.

Perhiasan

perhiasan lamaran

Kebanyakan wanita suka menggunakan perhiasan. Perhiasan juga bisa menjadi daftar barang seserahan yang akan membuat pasanganmu bangga. Saat ini juga makin banyak model dan bahan perhiasan yang bisa menjadi opsi pilihan, seperti emas kuning, emas putih, yang dibentuk menjadi kalung, gelang, anting, bros dan lain sebagainya. Batu langka juga bisa digunakan sebagai percantik perhiasan. Makna dari memberikan perhiasan sebagai seserahan adalah sebagai simbol bahwa pasangan sangat berharga dan tidak ada perhiasan satu pun yang dapat menandinginya.

Pakaian

pakaian wanita

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang wajib dipenuhi agar bisa menjadi manusia yang diterima di lingkungan sosial, pakaian juga menjadi penunjuk strata sosial di kelas mana seseorang tersebut berada. Memberikan seserahan berupa pakaian memiliki makna bahwa kebutuhan pokok pasangan sudah terpenuhi dan siap menjalankan kehidupan rumah tangga yang sakinah mawadah wa rohmah. Jenis pakaian yang diberikan untuk seserahan juga beragam, untuk hal ini diskusikan terlebih dahulu ke pasangan agar tidak salah pilih dan pakaian yang digunakan untuk hadiah seserahan dapat bermanfaat.

Makanan

makanan seserahan lamaran

Sama halnya seperti pakaian, makanan juga merupakan kebutuhan pokok yang wajib untuk dipenuhi agar manusia bisa hidup normal dan bisa menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Jenis makanan yang dibawa sebagai seserahan lamaran bisa sangat beragam, mulai dari makanan berat seperti ayam ingkung dan nasi kuning hingga makanan yang sifatnya sebagai jajanan seperti kue wajik, kue lapis, puding, roti bolu, roti karamel, kue pai, pastry, jenang, jadah, pisang dan lain sebagainya tergantung kegemaran dari masing-masing mempelai.

Peralatan Hobi

daftar seserahan lamaran

Pasangan suka naik gunung, bersepeda, main volly, main game atau hobi-hobi lainnya. Perlengkapan atau peralatan yang menunjang hobi juga bisa menjadi daftar seserahan lamaran yang menyenangkan untuk pasangan. Memiliki hobi sangat penting agar kehidupan senantiasa bahagia dan terhindar dari stres akibat kesibukan dan rutinitas keluarga yang membosankan. Makna dari memberikan peralatan hobi pada seserahan yaitu, kita tidak akan membatasi pasangan untuk melakukan hal-hal yang ia sukai. Pasangan masih bisa menjadi dirinya sendiri dan aku adalah orang yang akan selalu mendukungmu.

Sepatu dan Tas

sepatu dan tas seserahan lamaran

Apakah istri memiliki kesibukan sebagai karyawan kantor yang harus selalu tampil rapi dan sopan? Sepatu dan tas merupakan salah satu benda yang akan sangat berguna untuk menunjang kesibukan istri. Nah apabila tidak memiliki kesibukan tersebut tas dan sepatu juga masih menjadi peralatan yang akan sangat bermanfaat apabila dipakai nongkrong atau bepergian bersama. Untuk itu tidak ada salahnya untuk menulis sepatu dan tas sebagai daftar seserahan lamaran.

Perlengkapan Mandi

seserahan lamaran

Selain skincare agar istri tetap cantik, perlengkapan mandi juga adalah barang-barang penting yang harus masuk dalam daftar seserahan untuk lamaran. Berbeda dengan kaum laki-laki yang bisa menggunakan produk mandi dari merek apapun, perempuan biasanya akan lebih selektif untuk produk-produk kebersihan. Diskusikan terlebih dahulu produk apa yang biasa digunakan oleh calon istri agar tidak salah beli dan berujung tidak terpakai. Makna dari memberikan perlengkapan mandi adalah agar senantiasa merawat tubuh dan menjaga kebersihan.

Kredit Multiguna Adira Finance

Bagaimana sudah tergambar apa-apa saja daftar barang seserahan lamaran yang akan dibeli? Ternyata banyak juga ya modal yang harus disiapkan untuk lamaran. Itu pun baru lamaran, bagaimana nanti untuk persiapan resepsi seperti, sewa gedung, dekorasi pernikahan, make up, baju nikah, catering tamu, tukang foto, seragam keluarga dan masih banyak lagi kebutuhan-kebutuhan yang tidak akan cukup apabila disebutkan satu persatu.

Agar persiapan pernikahan bisa berjalan dengan lancar Adira Finance siap membantu kamu menyiapkan pendanaan untuk kebutuhan lamaran ataupun pernikahan melalui program Kredit Multiguna dengan syarat yang cukup mudah dan jaminan berupa BPKB (Mobil atau motor) dari sana sahabat bisa mencairkan dana secara cepat dengan bunga terjangkan dan bebas pilih tenor pembayaran sesuai dengan kemampuan sahabat.

Info lebih lanjut mengenai pengajuan Kredit Multiguna konsultasikan bersama admin kami!

error: Content is protected !!
Scroll to Top