10 Rekomendasi Makanan Jepang Halal yang Wajib Dicoba Saat Liburan

Jepang merupakan sebuah negara maju yang terletak di Asia Timur berdekatan dengan China, Mongolia, Korea dan Taiwan. Secara genetik masyarakat Jepang juga memiliki ciri fisik yang hampir-hampir mirip dengan masyarakat dari benua Asia Timur. Jepang merupakan salah satu negara yang tergolong sebagai negara maju, berkat sains dan teknologinya. Negara satu ini menjadi negara dengan inovasi yang cukup gila-gilaan dalam hal teknologi, seperti produksi robot, perabotan rumah canggih hingga penemuan-penemuan yang banyak digunakan di seluruh dunia. Meski notabenenya Jepang adalah negara maju akan tetapi Jepang tidak pernah meninggalkan budaya tradisionalnya.

Salah satu aspek yang paling menonjol dari budaya Jepang adalah kulinernya. Makanan Jepang terkenal dengan penggunaan bahan-bahan segar dan metode memasak yang unik dan berbeda dari negara-negara lain. Misalnya, penggunaan nori (rumput laut) dalam berbagai hidangan seperti sushi dan onigiri. Tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, nori juga digunakan karena memberikan cita rasa yang khas dan tidak dapat digantikan dengan bahan lain. Selain itu, makanan mentah seperti sashimi dan sushi juga merupakan salah satu hidangan unik yang tercipta dari negara dengan julukan negeri sakura itu. Keunikan ini membuat makanan Jepang memiliki daya tarik tersendiri dan sulit ditandingi oleh masakan dari negara lain.

Bagi wisatawan Muslim, menikmati makanan khas Jepang mungkin terasa menantang karena kekhawatiran akan kehalalannya, mengingat rendahnya persentase masyarakat beragama Islam di jepang yang hanya sekitar 0,1 hingga 0,4% saja, meskipun ada peningkatan dalam beberapa dekade terakhir, namun makanan halal bukanlah prioritas dari negara tersebut. Akan tetapi, jangan khawatir! Kami telah mengumpulkan 10 rekomendasi makanan Jepang halal yang wajib dicoba ketika sedang liburan ke Jepang. Dengan mengikuti artikel ini hingga akhir, Anda akan mendapatkan informasi tentang hidangan-hidangan lezat yang tidak hanya autentik ala Jepang tetapi juga sesuai dengan prinsip halal. Jadi, jangan beranjak terlebih dahulu dan simak artikel berikut ini hingga akhir.

10 Rekomendasi Makanan Jepang Halal

1. Sushi

Sushi Jepang

Rekomendasi pertama untuk makanan hala Jepang adalah sushi. Sushi adalah hidangan Jepang paling terkenal yang terdiri dari nasi yang diberi cuka dan biasanya disajikan dengan berbagai macam lauk seperti ikan mentah (sashimi), sayuran, dan nori. Beberapa jenis sushi yang terkenal adalah nigiri (nasi dengan irisan ikan di atasnya), maki (gulungan sushi yang dipotong-potong), dan temaki (gulungan berbentuk kerucut yang dimakan dengan tangan). Selain dimakan langsung, sushi biasanya akan dihidangkan bersamaan dengan saus shoyu ataupun wasabi.

2. Onigiri

Onigir

Rekomendasi makanan Jepang halal yang kedua ada onigiri. Onigiri merupakan bola nasi yang dibentuk dengan tangan dan biasanya dibungkus dengan nori (rumput laut). Tidak hanya diselimuti rumput lain, onigiri biasanya juga diisi dengan berbagai bahan seperti tuna, salmon, umeboshi (acar), atau kombu (rumput laut yang dimasak). Makanan ini sangat populer sebagai camilan atau bekal karena praktis dan mengenyangkan. Onigiri biasanya disajikan dengan bentuk-bentuk unik dan lucu.

3. Soba

Soba Mie

Siapa di sini yang suka makan mie? Soba adalah mie khas Jepang yang terbuat dari tepung gandum. Mie soba bisa disajikan dingin dengan saus celup (zarusoba) atau dalam kuah panas (kakesoba). Topping yang tidak boleh terlupakan apabila sahabat mau mencoba soba adalah tempura, daun bawang, atau wasabi dan telur rebus yang dimasak setengah matang. Soba merupakan pilihan yang sehat dan mengenyangkan dan wajib dicoba ketika liburan ke Jepang.

4. Tempura

Tempura Udang

Tempura makanan yang diproses dengan cara digoreng. Bahan utama yang biasanya digunakan untuk membuat tempura adalah seafood yang dicelupkan dalam adonan tepung tipis dan digoreng hingga renyah. Hidangan ini biasanya disajikan dengan saus celup berbasis kecap, jahe, dan lobak parut. Tempura dapat dinikmati sebagai hidangan utama atau sebagai lauk pendamping untuk berbagai jenis makanan Jepang halal lainnya.

5. Sukiyaki

Sukiyaki

Sukiyaki adalah hidangan yang dimasak di atas meja dalam panci besar. Terbuat dari irisan tipis daging sapi, tahu, sayuran, dan shirataki (mi konnyaku), bahan-bahan ini dimasak secara bersamaan dan diberi campuran saus berbahan kecap, gula, dan mirin. Makanan ini biasanya dinikmati dengan mencelupkan daging ke dalam telur mentah yang sudah dikocok sebagai saus cocolan yang lumer di mulut.

6. Tamagoyaki

Telur gulung Jepang

Tamagoyaki adalah omelet Jepang yang dibuat dengan cara melapisi telur yang dimasak tipis-tipis hingga membentuk lapisan-lapisan yang dilipat menjadi satu. Tamagoyaki biasanya dimasak dalam wajan persegi panjang khusus yang disebut makiyakinabe atau tamagoyaki pan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang manis-gurih membuat tamagoyaki menjadi salah satu makanan Jepang halal yang selalu menjadi pili. Selain rasanya yang enak, tamagoyaki juga mudah dibuat dan dapat dinikmati kapan saja

7. Shabu-Shabu

shabu-shabu

Shabu-shabu adalah hidangan hot pot Jepang di mana irisan tipis daging sapi dan sayuran dimasak dengan cepat dalam panci berisi kaldu mendidih. Nama shabu-shabu berasal dari suara yang dihasilkan saat daging digoyangkan dalam kaldu. Setelah matang, daging dan sayuran dicelupkan dalam saus ponzu atau goma sebelum dimakan.

8. Dorayaki

Dorayaki Makanan Jepang Halal

Dorayaki adalah kue tradisional Jepang yang terdiri dari dua lapis pancake lembut yang diisi dengan pasta kacang merah manis (anko). Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis membuat dorayaki menjadi camilan favorit di Jepang. Selain itu Dorayaki juga menjadi kue favorit Doraemon.

9. Omurice

Omurice Makanan Jepang Halal

Omurice adalah hidangan yang memadukan omelet dengan nasi goreng. Nasi goreng biasanya dibumbui dengan kecap dan dicampur dengan ayam atau sayuran, kemudian dibungkus dengan telur dadar lembut. Hidangan ini sering dihiasi dengan saus tomat di atasnya dan merupakan perpaduan unik antara cita rasa Barat dan Jepang. Meski baru tahu namanya, pasti kalian sudah pernah melihat proses orang membuat omurice di internet.

10. Takoyaki

Takoyaki

Takoyaki adalah bola-bola adonan yang diisi dengan potongan gurita, daun bawang, dan tempura crumbs (tenkasu). Bola-bola ini dimasak dalam cetakan khusus hingga berwarna keemasan dan renyah di luar namun lembut di dalam. Takoyaki biasanya disajikan dengan saus takoyaki, mayones, aonori (serpihan rumput laut), dan katsuobushi (serpihan ikan bonito kering).

Baca juga: Panduan Lengkap Syarat Bikin Paspor Umroh Terbaru

Liburan Nyaman Pakai Pinjaman Multiguna

Nah itulah rekomendasi 10 makanan Jepang halal yang wajib kalian coba ketika sedang leburan ke Jepang. Untuk kalian yang dalam waktu dekat ingin berlibur ke luar negeri terutama Jepang bisa banget mencari tambahan dana melalui Pinjaman Multiguna dari Adira Finance. Pinjaman Multiguna merupakan salah satu produk dari Adira finance yang dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari modal usaha, renovasi rumah, pernikahan, liburan di dalam ataupun luar negeri, acara keluarga dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengajukan Pinjaman Multiguna di Adira Finance dengan jaminan BPKB sepeda motor ataupun mobil. Syarat pengajuan Pinjaman Multiguna juga sangat mudah, proses pencairan cepat dan yang terpenting sudah di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan jadi sudah pasti aman.

error: Content is protected !!
Scroll to Top